Asal Usul Nama Sarotama


Gambar Dari Google

Sarotama adalah nama kapal milik Direktorat Jenderal Perhubungan Laut yang di kelola oleh Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Klas II Tanjung Uban Kepulauan Riau. Kapal ini dirakit di galangan kapal PT. Dumas Surabaya dibawah lisensi Damen Shipyard Belanda. Diserah terimakan ke Pangkalan PLP Tg.Uban pertengahan tahun 2005.

Tapi Tahukah anda asal usul nama Sarotama?

Dijaman penjajahan dan perjuangan bangsa Indonesia, ada seorang pejuang yang cukup terkenal, namanya Pangeran Diponegoro. Pangeran Diponegoro dikenal sebagai pahlawan gagah perkasa. Belanda hanya bisa mengalahkannya dengan cara licik, menipunya, dengan cara mengundang Pangeran Diponegoro berunding di rumah Residen Magelang. Tapi ternyata  Jenderal Markus de Cock menangkap Pangeran Diponegoro. Jika mau, Pangeran Diponegoro sebenarnya bisa hidup mewah, karena kerabat keraton. Terpengaruh neneknya Nyai Ageng Serang, dia lebih suka menekuni kehidupan spiritual.

Pangeran Diponegoro ini sering pergi ketempat-tempat sunyi untuk menenangkan hati dan pikiran, juga untuk mendekatkan diri dengan Sang Pencipta. Kehidupan kerajaan di Jawa waktu itu sudah betul-betul dalam cengkeraman Belanda. Keadaan ini yang tidak disukai oleh Pangeran Diponegoro. Sudah lama ia tidak menyukai orang-orang Belanda yang berada di tanah Jawa. Sosok Pangeran Diponegoro yang kita kenal secara fisik, menyelipkan keris di bagian depan. Ternyata ada sumber yang menceritakan bahwa Pangeran Diponegoro mempunyai senjata berupa cundrik dari Ratu Kidul. Cundrik itu bernama “Sarotama” sebagai pelengkap senjata Pangeran Diponegoro.

Cundrik ini diperoleh setelah Pangeran Diponegoro mandi di Parangtritis, kemudian istirahat bersandar sebuah batu (Watu Gilang) di Parangkusuma. Saat sedang istirahat itulah, terdengar suara tanpa wujud. Suara yang mengaku Ratu Kidul itu mengingatkan agar Pangeran Diponegoro jangan mau mendapat jabatan apa pun yang diberikan oleh Belanda.

Setelah suara itu hilang, jatuhlah sinar putih dari langit ke depan Pangeran Diponegoro. Ternyata sinar putih itu membawa senjata cundrik. Pusaka itu diberi nama “Sarotama”. Dengan cundrik inilah, semangat Pangeran Diponegoro semakin membara.Siap menghadapi Belanda. Tetapi sebelum memberikan cundrik, Ratu Kidul sudah lebih dahulu mencoba Pangeran Diponegoro. Setiap Pangeran Diponegoro bertapa, selalu digoda dengan munculnya laki-laki tinggi besar berwarna hitam. Tetapi belum pernah sekalipun mempan membunuhnya…

Kapal Negara Sarotama sedang Sandar di Pelabuhan PLP Tanjung Uban (dok.Pribadi)

Nah, itulah asal usul nama “Sarotama”. Ternyata “Sarotama” adalah sebuah senjata rahasia yaitu Cundrik yang dimiliki Pangeran Diponegoro yang telah memberikan keberanian dan semangat membara untuk melawan Penjajah Belanda. Mungkin saja nama “KN Sarotama” juga digunakan untuk memberikan semangat dan keberanian para anggota KPLP khususnya Crew kapal itu sendiri untuk siap menghadapi segala macam godaan dan ancaman untuk menegakan peraturan dan keadilan di Laut Indonesia ini, Semoga.

sumber: http://www.adpelbalikpapan.com/artikel/85-asal-usul-nama-sarotama.html

Iklan

2 responses to “Asal Usul Nama Sarotama

  1. Ping-balik: Melihat kedalam kapal VIP milik Kementerian Perhubungan « Armada PLP wilayah Barat·

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s