ESP ( English for Spesisal Purpose ) and Jhon F Kennedy’s quote


Dari beberapa artikel yang kami baca bahwa Pelajaran Bahasa Inggris dikelompokkan menjadi dua, Pertama bahasa inggris umum ( general English ) dan kedua bahasa inggris khusus ( English for spesial purpose ). Bahasa inggris maritim masuk dalam kategori spesial.

Tanjung Uban berada di Pulau Bintan, bersebelahan dengan pulau Batam, dan berbatasan dengan Malaysia dan Singapore. Namun bahasa Inggris tidak terlalu populer disini. Berbeda dengan negara tetangga yang menjadikan bahasa inggris adalah bahasa sehari-hari mereka.

Bahasa inggris maritim berisi tentang kosakata dalam dunia maritim, komunikasi antar kapal, komunikasi antara kapal dan darat serta prosedur panggilan marabahaya di laut. Ini menjadi suatu syarat untuk bergabung dikapal berbendera asing.

Saat ini dibeberapa lembaga pendidikan sudah menyediakan kursus-kursus singkat untuk bahasa inggris maritim seperti BP3IP (lab bahasa BP3IP)Sinar Poseidon Batam, JakartaPusat Pelatihan Bahasa Inggris STIP. Biaya yang ditawarkan bervariasi antara 800,000 – 2,000,000 dengan lama kursus 2 minggu- 3 bulan.

Pangkalan Penjaga Laut dan Pantai (PLP) Tanjung Uban adalah salah satu Unit Pelaksana Direktorat Jenderal Perhubungan Laut. Yang mana salah satu tugas pokok dan fungsinya adalah melaksanakan penegakan peraturan dan perundangan-undangan dilaut. Kapal-kapal yang menjadi objek pemeriksaan tidak hanya kapal dalam negeri tetapi juga kapal-kapal asing yang diawaki oleh orang asing.

Untuk menjadikan SDM di Pangkalan PLP Tanjung Uban percaya diri dan mampu melakukan pemeriksaan harus dibekali dengan kemampuan bahasa inggris maritim yang baik. Oleh karena itu sebagai salah satu bentuk pengabdian. Saya melaksanakan kursus bahasa inggris maritim di Pangkalan PLP Tanjung Uban.

Alhamdulillah berkat dukungan dari atasan dan rekan-rekan lain, kursus sudah berjalan hampir 2 bulan dan selalu di hadiri oleh rekan-rekan pegawai yang sangat antusias mengikuti kursus selama 1,5 jam setiap hari jum’at tersebut. Materi yang digunakan sebagai acuan adalah buku terbitan Prentice hall dengan judulEnglish for maritime study karangan T.N Blakey. Buku ini menjadi salah satu rekomendasi IMO (International Martitime Organization) untuk digunakan dalam pelajaran Bahasa Inggris Maritime.

Semoga dengan semakin baiknya kemapuan berbahasa inggris khususnya dibidang maritim akan meningkatkan kinerja kita selaku penjaga perairan di wilayah barat Indonesia.

 ask not what your country can do for you, ask what you can do for your country
Jangan kau tanyakan apa yang sudah negara berikan kepadamu .. tapi tanyakanlah apa yang yang sudah kau berikan untuk negara mu (Jhon F Kennedy)

—Dharma jala Prajatama—

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s