Frustasi, Seorang TKI B Lompat dari KM.Bukit Raya yang akan memulangkannya


167458_4103386302347_601299409_n

Proses Evakuasi Korban ke RS TPI (dok.pribadi)

Tepat pukul 09:00 pagi tadi, Kapal Motor Bukit Raya milik PT Pelni ini diberangkatkan dari Pelabuhan Kijang menuju Jakarta melalui Belinyu. Diantara para penumpang ada sekitar 240 orang TKI Bermasalah (TKI B) yang sudah 5 hari yang lalu menunggu di penampungan untuk dipulangkan kedaerahnya masing-masing.

Ini merupakan momen suka cita bagi sebagian TKI karena akan segera bertemu dengan keluarga yang sudah lama ditinggalkan. Namun tidak bagi seorang TKI berjenis kelamin laki-laki yang bernama Muhammad Musyairi. Dia yang seyogyanya akan diantar ke Tulung Agung JAwa Timur tempat asalnya malah memutuskan meloncat kelaut dari kapal yang membawanya, kejadiannya sekitar pukul 09:30 menurut keterangan nelayan yang menyelamatkannya.

Namun usahanya berhasil diselamatkan oleh nelayan setempat. Kemudian korban dibawa ke Pulau terdekat yaitu Pulau gendun sekitar 25 Km dari kota Tanjung Pinang.

Saat diselamatkan oleh nelayan yang dibantu oleh unsur dari Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), kondisi korban dalam keadaan setengah sadar. Tidak ditemukan identitas didalam saku celana. Saat dimintai keterangan oleh kepala desa setempat, korban belum bisa menjelaskan. Baru sekitar satu jam kemudian data-data korban diketahui.

Menurut bang hengky wartawan senior dari Antara, dia mengatakan Kejadian seperti ini sudah sering terjadi “makanya sewaktu abang (saya.pen)hubungi feeling saya langsung ke kejadian beberapa waktu silam, apalagi tadi pagi saya dapat informasi ada kapal pelni baru saja berangkat membawa TKI bermasalah” ujarnya .

Hal ini senada dengan yang disampaikan oleh pak Yanto, panitia pemulangan TKI tersebut, beliau mengatakan bahwa motifnya biasanya adalah nekat ingin kembali menjadi TKI, akhirnya dia loncat kelaut, nanti akan kembali lagi ke negara tujuannya secara illegal. Namun keburu ditolong oleh nelayan setempat dan menghubungi aparat terkait.

Korban dievakuasi menuju pelabuhan Kijang menggunakan kapal yang sudah disiapkan oleh Adpel Kijang, selanjutnya dibawa ke rumah sakit untuk diadakan pemeriksaan lanjutan terhadap kesehatannya.

Saat ini korban sudah siuman, kondisinya baik, dalam keterangannya korban mengaku malu pulang kampung karena tidak bawa banyak uang, apalagi saya sudah berjanji sama keluraga di kampung bahwa nanti kalau pulang akan bawa uang banyak, ujarnya.

Iklan

2 responses to “Frustasi, Seorang TKI B Lompat dari KM.Bukit Raya yang akan memulangkannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s