Sesat Pikir Pengamanan Laut Indonesia


Sesat Pikir Pengamanan Laut Indonesia

oleh Faizal, M.T, DESS/197910032007121001

http://hankam.kompasiana.com/2013/09/01/sesat-fikir-pengamanan-laut-indonesia-587992.html

Mohon izin pak Faisal Basri saya pinjam istilah Sesat Fikir nya, sebab ini masih mengenai laut, Maritim, visi yang menjadi Rencana pembangunan Indonesia ke depan.

Lahirnya UU No. 17 tahun 2008 tanggal 07 Mei 2008 mengamanatkan terbentuknya lembaga baru bernama Indonesia Sea and Coast Guard yang mempunyai tugas polisional di laut, paling lambat 3 tahun setelah diundangkan.

Tujuan terbentuknya lembaga ini adalah untuk mensinergikan beberapa instansi yang ada dilaut seperti Bea Cukai, Imigrasi, Perikanan, Perhubungan, Polisi dan TNI-AL menjadi satu wadah.

Namun hingga saat ini Aturan Pelaksana dari UU ini belum juga di tanda tangani Presiden karena masih harus menyelesaikan proses Harmonisasi dengan beberapa kementerian terkait atau yang setingkat, seperti KemenHub, Kemenkopulhukan, TNI dan Polri.

Dalam tulisan saya tentang tujuan terbentuknya Coast Guard serta kelaziman di dunia mengenai kementerian apa yang membawahi Coast Guard, saya mendapati bahwa di banyak negara bahwa Lembaga Coast Guard berada di Bawah kementerian yang mengurusi Transportasi kalau di Indonesia Kementerian Perhubungan. Seperti halnya Japan Coast Guard dan Phillipine Coast Guard. Sementara Militer mempunyai tugas kedaulatan negara dan pertahanan.

Namun kelaziman itu tidak berlaku di Indonesia, Direktur KPLP Ditjen Hubla bapak Tri Yuswoyo, M.Sc mengatakan bahwa di Indonesia, permasalahan keamanan menjadi domain Kemenkopolhulkam.

Jawaban beliau menjawab pertanyaan saya mengapa hingga saat ini PP Indonesia Sea and Coast Guard belum ditanda tangani Bapak Presiden.

Untuk itu permasalahan keamanan laut akan menjadi tanggung jawab Badan Keamanan Laut (Bakamla), yang merupakan cikal bakal dari Bakorkamla. Undang Undang Kelautan yang akan menjadi payung hukumnya. Satu lembaga dengan banyak fungsi.

Sementara Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai dibawah Direktorat Jenderal Perhubungan Laut tetap yang akan menjadi Indonesia Sea and Coast Guard. Tapi tugasnya hanya mengurusi masalah Pelayaran.

Lagi-lagi keseriusan pemerintah menjadikan Indonesia sebagai negara Maritim menjadi tanda tanya, siapa yang nantinya akan mengamankan lalu lintas dan alur pelayaran Indonesia.

Sumber Gambar: http://www.marsecreview.com/tag/indonesian-coast-guard/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s