Semangat Para Petugas SAR


Kapal Negara Sarotama P.112 (dikumen pribadi)

Kapal Negara Sarotama P.112 (dikumen pribadi)

 Kami dari Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai Tanjung Uban mengirimkan satu kapal patroli untuk membantu mencari pesawat air asia QZ8501 yang hilang kotak di sekitar perairan sebelah Tenggara Pulau Belitung dengan posisi koordinat Lintang 03 22.15 Selatan – bujur 109 41.28 Timur.

Kapal yang kami kirim adalah Kapal Negara Sarotama P.112. Kapal tersebut bertolak dari Dermaga Pangkalan PLP Tanjung Uban Pulau Bintan Provinsi Kepulauan Riau pada  tanggal 28 Desember 2014 pukul 13:40 WIB. Jarak ke sekitar lokasi Untuk tiba dilokasi lebih kurang 450 nautical mile dengan kecepatan 10 mil/jam maka dibutuhkan waktu lebih kurang 45 jam.

Kapal Negara Sarotama dibangun pada tahun 2005 di PT. Dumas Surabaya dengan lisensi dari PT. Damen Shipyard Belanda. Kapal tersebut dilengkapi dengan 2 buah radar marine dengan jangkauan maksimal 60 mil. 2 buah Alat pengukur kedalaman laut (echo sounder). 2 buah water canon dengan jangkauan 100 meter.  Dilengkapi juga dengan dua buah rescue boat berkecapatan 35 knots. Kapal tersebut panjang 62 meter dan lebar 10 meter.

Kapal ini juga mempunyai alat penanggulangan pencemaran yang merupakan keunggulannya sebab diatas kapal dilengkapi dengan oil boom sepanjang 250 meter untuk melokalisir tumpahan minyak serta pompa skimmer alat untuk memisahkan air dan minyak.

Adapun pada bagian mesin, kapal ini mempunyai dua mesin dengan HP 3135. Mesin bermerk MTU ini mampu menghasilkan kecepatan maksimum 15 Knots. Adapun untuk konsumsi Bahan bakar solar yang dibutuhkan lebih kurang 1000 liter per jam.

Kapal ini diawaki 19 personel dengan berbagai kualifikasi pendidikan, untuk komandan kapal dengan kualifikasi minimal memiliki sertifikat Ahli Nautika Tingkat II (ANT) serta pangkat Penata Muda Tk.I (III/b) sedangkan untuk Jabatan Kepala Kamar Mesin (KKM) minimal mempunyai kualifikasi pendidikan Ahli Teknika Tingkat II (ATT) serta pangkat Penata Muda Tk.I (III/b).

Kapal ini berikut personilnya sudah sering terlibat dalam kegiatan SAR Laut baik di Perairan Kepulauan Riau maupun diluar wilayah Kerja Pangkalan PLP Tanjung Uban.

Selain KN. Sarotama P.112, Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai juga menurunkan KN. Trisula P.112 serta KN. Alugara P.114 ke sekitar lokasi perairan Selat Karimata.

“kita boleh kurang sumber daya, kurang dalam tekhnologi,  tapi satu hal yang tidak akan ada habisnya yaitu semangat membantu sesama” ~~Humanity and Justice~~    

Ship Particular KN. Sarotama P.112 (dokumen pribadi)

Ship Particular KN. Sarotama P.112 (dokumen pribadi)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s