Pangkalan PLP Tj Uban Pelopori Aplikasi Pelaporan Musibah Pelayaran


 

aplikasi

Cara Penggunaan Aplikasi (Dok.PPLP Tj Uban)

Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Tanjung Uban membuat sistem pelaporan musibah pelayaran berbasis android yang diharapkan dapat mendukung kinerja kapal patroli dalam memberikan respon cepat apabila menerima laporan musibah pelayaran. Ini merupakan pelopor dalam hal sistem pelaporan barbasis aplikasi android.

Adapun ide aplikasi awalnya berasal dari program proyek perubahan Ibu Puput Yusda Apriliana yang menjadi kesatuan dengan progam pelayanan informasi sebagai proyek perubahannya Bapak Harry Priambodo. Kemudian mereka mencoba menawarkan ide tersebut ke pembimbing PIM IV di Pusbang SDM apartaur perhubungan semplak bogor yang alhamdulillah sangat mendukung.

Selaras dengan dukungan yang diberikan oleh pembimbing, kepala pangkalan bapak Soejarwa selaku mentor juga memberikan dukungan positif, beliau mengatakan “seringkali terlambatnya respon serta aksi dalam kejadian musibah pelayaran itu karena terlambatnya informasi yang diterima oleh unsur kapal negara, aplikasi seperti ini paling tidak membantu masyarakat dalam menyediakan sarana untuk pelaporan” kemudian yang kedua lanjut beliau,”laporan melalui radio VHF seringkali mempunyai kendala untuk bisa diterima oleh Stasiun Radio Pantai dan Pos Pangkalan PLP di darat, karena jarak terlalu jauh sehingga tidak terjangkau, karena cuaca, dan karena spesifikasi peralatan itu sendiri, kalau aplikasi langsung terhubung dengan HPnya Ka.Operasi yang selalu dibawa 24jam yang setiap saat bisa dihubungi, jadi saya sangat mendukung pembuatan aplikasi ini” sambung beliau.

Mengalir pula dukungan dari Bapak Soewardi selaku kepala Pangkalan PLP Tanjung Uban menggantikan Bapak Soejarwa menanggapi positif pembuatan aplikasi pelaporan musibah pelayaran ini, “dengan kecepatan dalam menerima informasi merupakan tantangan kita kedepan untuk memberikan respon yang lebih baik” kata beliau.

img-20160613-wa0070-side

Tampilan Aplikasi (dok.PPLP Tj Uban)

Harapan dengan adanya Aplikasi Ini adalah memberikan kemudahan setiap orang dalam melaporkan jika mengalami atau melihat Kejadian Musibah pelayaran diatas Kapal termasuk juga keadaan darurat lainnya. Sehingga dapat menumbuhkan rasa aman bagi pengguna jasa pelayaran, demi mendukung pelayaran yang selamat, efisien, dan aman bagi lingkungan laut.(Faizal)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s